85

cara membersihkan file sampah di laptop windows 10

File sampah, atau biasa disebut sebagai file sementara (temporary files) dibuat secara otomatis ketika kamu menjalankan program di komputer. Sebagai contoh, browser seperti Google Chrome akan memproduksi file cache yang jika sudah menumpuk akan memakan ruang yang cukup besar — ratusan megabyte, bahkan hitungan gigabyte.

Dan itu baru dari satu program saja, bagaimana jika ada puluhan program di komputer kamu? Tidak mengherankan partisi (C:) sebagai kapasitas sistem utama menjadi cepat penuh karena juga harus menampung beban file tambahan tersebut.

 

Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menghapus file sampah pada PC, bisa menggunakan software tambahan dan juga bisa menggunakan software bawaan dari sistem operasi yang kita gunakan. Disini aku menggunakan OS Windows 10, dimana sistem operasi ini memang lagi ngehits banget dan sudah banyak yang menggunakannya.

Untuk mempercepat Windows 10 dan menjaga agar sistem tetap sehat maka kita harus melakukan pembersihan file sampah secara berkala. Pada postingan kali ini saya akan berbagi bagaimana caranya membersihkan file sampah di laptop Windows 10 dengan tuntas sampai ke akar-akarnya.

 

Membersihkan file sampah di Windows 10 bisa dilakukan tanpa aplikasi menggunakan Storage Sense. Bila Anda tidak suka menginstall aplikasi tambahan untuk melakukan tugas ini maka Storage Sense sudah lebih dari cukup untuk membersihkan semua jenis file sampah dan memberikan ruang baru di hard disk.

Storage Sense adalah fitur bawaan yang hanya ada pada versi Windows 10, di versi Windows yang lama tugas bersih-bersih hard disk ini biasanya dilakukan oleh Disk Cleanup. Dibandingkan dengan pendahulunya, Storage Sense memiliki tampilan yang lebih modern dan akses yang lebih mudah.

Storage Sense bisa digunakan untuk membersihkan drive penyimpanan dari temporary files, old caches, previous update files, dan file sampah lain yang biasanya memenuhi hard disk dan memberatkan sistem.

Bila fitur pembersihan otomatis diaktifkan, maka Anda bisa menjaga Windows 10 tetap bersih dari file sampah tanpa harus membersihkannya secara manual karena Storage Sense akan melakukannya secara berkala sesuai dengan jadwal yang Anda tentukan.

Cara menggunakan Storage Sense untuk membersihkan file sampah di Windows 10:

 

  1. B uka Settings > System > Storage.
  2. Hidupkan Storage Sense dengan menekan tombol menjadi On.
  3. Klik Configure Storage sense or run it now.
  4. Untuk menghapus file sampah secara otomatis di Windows 10 maka kita bisa tentukan jadwalnya, satu bulan sekali adalah yang paling ideal.
  5. Tekan tombol Clean now untuk melakukan scan hard disk dan membersihkannya

Storage Sense sangat efektif untuk membersihkan file sampah di Windows 10 secara otomatis, terutama untuk menghapus file-file sisa update Windows yang seringkali ukurannya bisa mencapai 5 GB-an. Kalau tidak dibersihkan file ini bisa membuat drive C cepat penuh.

Hebatnya kita bisa melakukan itu semua tanpa install aplikasi tambahan lagi, cukup menggunakan Storage Sense yang merupakan fitur bawaan di setiap versi Windows 10.