membasmi kutu rambut anak anak

Cara Mengatasi Kutu Rambut Pada Anak-Anak

Ketika orang tua pertama kali melihat tanda-tanda kutu pada rambut anak, mereka menjadi panik. Anak dan orang tua merasa bahwa kurangnya kebersihan adalah penyebabnya. Tapi itu tidak selalu terjadi. Faktanya, kutu lebih menyukai kepala yang bersih daripada yang kotor. Umumnya, anak tertular kutu dari teman dan sekolah. Salah satu penyakit menular yang paling umum menyebar sebagian besar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Orang tua mencoba berbagai teknik untuk menghilangkan kutu. Beberapa mencoba pestisida dan beberapa menggunakan metode yang lebih tradisional. Pestisida bukanlah teknik yang baik untuk membunuh mereka. Pengobatan kutu bukanlah urusan satu kali. Mereka perlu sering diulang untuk menghilangkan dan mencegahnya berulang. Menggunakan pestisida yang mengandung bahan kimia secara berulang akan merusak rambut anak dan juga kutu akan mengembangkan resistensi terhadapnya.

Mengatasi Kutu Rambut Anak-Anak

Perawatan dan cara membasmi kutu rambut khususnya pada rambut anak-anak hanya membutuhkan minyak zaitun, sabun cuci piring Dawn, sisir plastik, dan sisir kutu logam (tersedia di semua toko obat). Teknik yang diikuti di sini disebut teknik mati lemas. Diyakini kutu belum menjadi kebal terhadap mati lemas sampai saat ini.

Perawatan dimulai dengan merendam kulit kepala dengan minyak zaitun. Pertama-tama anak harus mengenakan pakaian lama karena minyak dapat menyebabkan noda. Selanjutnya handuk kertas harus diselipkan di kerah di sekitar leher. Anak harus duduk di bangku tinggi atau dengan punggung menghadap ke wastafel sehingga kutu dan minyak yang menetes bisa masuk ke wastafel. Kemudian minyak harus dioleskan di kulit kepala, ambil sehelai kecil setiap kali.

Setelah diolesi minyak, biarkan selama 30 menit. Jika rambutnya panjang, maka memotongnya akan menjadi ide yang bagus. Membiarkan rambut diminyaki akan membuat kutu dan telurnya mati lemas. Setelah 30 menit, rambut harus disisir dengan sisir plastik biasa, diikuti dengan sisir logam. Rambut panjang harus dibelah menjadi beberapa bagian dan dipotong dan disisir. Kemudian rambut harus dibilas dengan sabun cuci piring fajar untuk menghilangkan minyak.

Kutu akan mencoba melarikan diri dan menggantung di garis rambut. Ini bisa diikuti dengan keramas rambut secara normal. Rambut harus diminyaki dengan cara yang sama pada setiap hari kedua selama dua minggu berikutnya tetapi tidak perlu menyisir. Setelah dua minggu, proses meminyaki dan menyisir yang sama harus diikuti. Saat menyisir rambut, jika tidak ada kutu yang muncul menandakan bahwa masalahnya sudah teratasi.

Semua tempat tidur, sarung bantal dll harus dicuci dengan air panas dan dikeringkan di bawah sinar matahari atau pengering panas untuk menghilangkan kutu dan barang-barang seperti mainan lunak harus dimasukkan ke dalam kantong plastik dan diikat selama 48 jam karena kutu tidak akan mampu bertahan dengan pangkal rambut selama lebih dari periode ini.