Tips Mengajarkan Anak Menulis Agar Lebih Cepat

Tips Mengajarkan Anak Menulis Agar Lebih Cepat

Menulis menjadi salah satu kemampuan motorik halus yang harus dikuasai oleh anak. Selain itu menulis dapat menjadi media bagi anak untuk menyalurkan emosi serta ekspresi terhadap perasaannya. Kemampuan dasar menulis pada anak harus dikembangkan sebelum anak dapat menulis dengan benar. Akan tetapi pada kenyataannya cara mengajarkan anak menulis bukanlah hal yang mudah. Anda mungkin pernah menghadapi berbagai drama saat mengajarkan anak menulis. Untuk menghadapi aneka drama yang terjadi dengan anak ada beberapa tips manjur yang dapat anda terapkan agar anak lebih tertarik untuk menulis.

Wajib sediakan tempat yang nyaman untuk menulis

Tempat yang nyaman adalah hal wajib yang harus anda siapkan ketika akan mempraktekkan cara mengajarkan anak menulis. Pastikan anak dapat belajar menulis di kursi dan meja yang stabil dan menyesuaikan bentuk tubuh anak. Hal ini bertujuan agar anak dapat duduk dengan postur tubuh yang baik sehingga mereka dapat merasa nyaman dan betah ketika harus berlama – lama belajar di sana. Hindari juga menggunakan meja yang terlalu tinggi karena akan mempengaruhi gerakan tangan anak ketika ia menulis.

Menciptakan suasana yang menyenangkan dengan alat peraga yang bervariatif

Anak – anak seringkali lebih suka belajar dalam suasana yang menyenangkan. Anda dapat mengajarkan anak menulis sambil bermain atau bernyanyi. Anda juga dapat menggunakan alat tambahan atau alat peraga yang lebih variatif. Biasanya anak – anak akan suka dengan alat peraga yang mempunyai variasi warna cerah dan lebih menarik mulai dari alat tulisannya dan lain sebagainya. Semua alat – alat ini hendaknya berwarna menarik sehingga anak dapat lebih fokus dan tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh. Ketika anak merasa bosan anda dapat mengganti dengan peralatan baru yang tidak kalah menarik sehingga anak nantinya dapat hafal dengan baik semua huruf yang ada.

Mulai latihan menulis bebas

Ketika anda mengajarkan anak untuk menulis anda tidak boleh berekspektasi terlalu tinggi. Selain itu jangan memberikan target berapa hari anak harus menguasai cara menulis. Biarkan anak berkembang secara alami. Saat pertama belajar biarkan anak menulis dengan bebas. Mungkin anak akan menulis garis tidak beraturan, hal ini tidak perlu anda risaukan biarkan anak untuk terlebih dahulu melakukan dan mengekspor apa yang mereka inginkan.

Ajari anak dengan kesabaran yang ekstra

Mendampingi anak belajar menulis memang susah – susah gampang akan tetapi anda harus melakukannya dengan sabar. Jangan sampai anak merasa tertekan dan berpikir melebihi batasnya. Berikan cara mengajarkan anak menulis secara pelan dan berikan anak apresiasi ketika ia berhasil menulis sesuatu. Tidak perlu hadiah anda dapat mencoba dengan anak dengan menempelkan tulisannya di dinding dan memberikan tepuk tangan dan ciuman hangat di pipinya. Hal itu tentunya akan membuat anak lebih senang ketika belajar kembali.

Itulah beberapa tips cara mengajarkan anak menulis yang dapat anda terapkan di rumah. Untuk membantu anak agar belajar lebih mudah dan seru memang diperlukan ibu dan keluarga yang kompak, kreatif dan sabar.